Minggu, 25 Maret 2018

7 Tempat Wisata di Makassar yang Sayang untuk Dilewatkan


Qoreta Blog - Siapa yang tak kenal Makassar sebagai kota para pelaut. Suku Bugis di Makassar terkenal andal dalam melaut. Kota yang dulu bernama Ujung Pandang ini termasuk salah satu kota besar di belahan Timur Indonesia. Hampir seluruh kapal yang hendak ke Timur biasanya berlabuh terlebih dahulu di Makassar.

Jangan salah, Makassar juga amat terkenal dengan kuliner Cotonya. Potongan daging sapi dan kuah santannya benar-benar memiliki rasa kuah yang khas. Gurih dan menyegarkan. Selain terkenal karena kulinernya, wisatawan juga banyak yang tertarik dengan tempat wisata di Makassar.

Jika ingin mengelilingi banyak tempat wisata di Makassar, ada baiknya kamu memesan hotel yang strategis seperti Hotel Prima Makassar. Nah, udah gak sabar kan ingin tahu tempat wisata apa saja di Makassar? Berikut ulasannya.

1. Pemandian Air Panas Lejja
 
Sebagai negeri kepualaun yang memiliki banyak gunung api di Indonesia tak heran jika di beberapa tempat wisata memiliki sumber pemandian air panas. Tak terkecuali di Soppeng, Sulawesi. Pemandian Air Panas Lejja ini sumbernya berasal dari sumber panas bumi di sekitar lokasi.

Jika warga Jawa Barat punya Ciater Subang dan Cipanas Garut, warga Sulawesi punya Pemandian Air Panas Lejja yang panasnya bisa mencapai 60 derajat celcius. Sumber air panas ini kerap dijadikan sebagai salah satu terapi penyakit kulit, rematik dan pegal-pegal. 

2. Danau Tempe
 
Danau ini berada di tiga bagian kabupaten yang berbeda. Kabupaten tersebut adalah Wajo, Sidenreng Rappang dan yang terakhir adalah Soppeng. Danau ini menjadi salah satu tempat strategis pada masa lalu sebelum infrastruktur darat terbentuk.

Nama Danau Tempe berasal dari bahasa lokal yaitu Danau Tamparang La’baya yang artinya laut air tawar. Sejarah mencatat bahwa Danau ini merupakan sebuah perairan yang menghubungkan dua lautan namun kemudian pesisirnya membentuk daratan sehingga kawasan perairan Danau Tempe terjebak dan membentuk sebagai danau hingga saat ini.

3. Tanjung Bira
 
Mungkin kamu tidak percaya jika masih ada pantai yang sangat lembut dengan air laut yang sangat jernih. Kawasan Tanjung Bira dikenal memiliki pantai yang masih sangat alami. Pantainya sangat lembut seperti butiran tepung, airnya jernih hingga kita bisa melihat dasar pantainya yang berpasir putih.

Meskipun jaraknya cukup jauh dari Makassar, namun tempat wisata alam yang satu ini pantang untuk dilewatkan. Minimal seumur hidup sekali kamu harus mengunjungi tempat ini. Untuk ukuran tempat wisata yang jauh dari ibukota, Tanjung Bira punya faslitas yang cukup lengkap mulai dari penginapan hingga penyewaan alat snorkeling. 

4. Malino
 
Malino adalah wisata puncaknya bagi warga Makassar. Meskipun cukup jauh dari pusat kota namun kawasan perkebunan di dataran tinggi ini memiliki pemandangan yang indah dengan udara yang lebih segar. Salah satu pesonanya adalah hutan pinus yang instagrammable dan juga jajaran gunung kapur yang berbaris rapi secara alami.

Jika kawasan Makassar terkenal panas karena berada di pinggir pantai, kawasan Malino berbanding terbalik karena berada di ketinggian 1.050 mdpl. Jauh lebih tinggi datarannya dibandingkan dengan kota Bandung. Jadi, jika kalian menyempatkan diri berkunjung ke Malino janga lupa membawa jaket atau pakaian hangat.

5. Taman Laut Taka Bonerate
 
Jika ingin berenang bersama ikan hiu di habitat aslinya, inilah salah satu lokasi tepat dan direkomendasikan beberapa petualang alam liar. Taman Laut Taka Bonerate berlokasi di Kepulaun Selayar. Artinya kamu harus menyeberang lagi dari Makassar ke Selayar.

Tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk wisata air seperti snorkeling, scuba diving hingga menikmati nuansa berenang bersama satwa laut seperti ikan-ikan yang indah, penyu hingga baby shark yang akan membuat adrenalinmu naik.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Laut Taka Bonerate adalah pada pertengahan tahun. Saat itu, tidak terlalu banyak angin dan arus air laut cenderung lebih tenang dibandingkan pada bulan-bulan lainnya. Penting sekali memahami cuaca agar wisata air kamu tidak berantakan di Taman Laut Taka Bonerate.

6. Taman Nasional Bantimurung
 
Warga Jawa mungkin hanya mengenal Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Saatnya warga luar Sulawesi mengenal juga Taman Nasional Bantimurung. Meskipun cukup jauh dar Makassar, Taman Nasional yang berada di kawasan Maros ini memiliki lanskap yang menarik, apalagi karakter gunungnya merupakan gunung kapur.

Selain itu Taman Nasional Bantimurung sudah terkenal ke beberapa negara sebagai salah satu Taman Nasional yang memiliki koleksi kupu-kupu terbanyak di dunia. Hampir sekitar 250 jenis kupu-kupu hidup di Taman Nasional ini. Taman Nasional Bantimurung juga memiliki beberapa fasilitas wahana outbound seperti flying fox hingga kolam renang.

7. Pantai Losari

Pantai Losari sudah menjadi identitas dan ikon kota Makassar. Itulah mengapa para wisatawan rasanya belum sah jika ke Makassar tanpa mengunjungi pantai Losari ini. Warga biasanya selalu berkumpul setiap sore untuk menikmati hidangan laut atau sekadar menikmati jajanan sepanjang pantai Losari seperti es pisang ijo yang khas.

Landmark Pantai Losari juga sudah terkenal di sosial media. Jadi, demi update linimasa instagram yang menarik, kamu wajib berfoto di landmark tulisan Pantai Losari yang menjadi kebanggaan warga Makassar. Pantai Losari kerap kali dijadikan pusat kegiatan warga mulai dari berolahraga, wisata air hingga mengadakan beberapa aksi. Tak heran jika pantai ini termasuk tempat wisata di Makassar yang paling favorit.

Jika ingin berlama-lama di Pantai Losari, tak usah risau karena sekarang kamu bisa cari hotel murah di sekitar Pantai Losari melalui Reservasi.com yang memberikan harga hotel terbaik.


EmoticonEmoticon